1. Apa yang anda
ketahui tentang Pengantar Teknologi Game?
2. Jelaskan menurut
pendapat anda tentang perkembangan game sekarang ini!
3. Jelaskan konsep
tentang teknologi game!
4. Sebutkan dan
jelaskan contoh software untuk membuat game! (cari software yang free, minimal
5)
Jawab :
1. Teknologi Game
Game,
kata yang sudah tak asing lagi di teling kita. Game atau yang dalam bahasa
Indonesia diartikan sebagai suatu permainan merupakan sesuatu yang sudah
menyatu dalam kehidupan kita. Siapun pasti pernah memainkan suatu permainan.
Permainan sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Zaman dahulu permainan itu
masih sangat tradisional dan sederhana. Namun demikian dengan kesederhanaan
tersebut, selain mendapat rasa senang karena bisa memainkan permainan tersebut
bersama teman-teman, kita juga bisa mendapatkan suatu pengetahuan. Seiring
berjalannya waktu, permainan tradisional itu sudah mulai ditinggalkan. Hal itu
dikarenakan teknologi yang terus menerus berkembang. Maka terciptalah suatu
game digital virtual dimana kita bisa melihat dan memainkan game tersebut
secara digital tanpa pernah menyentuh permainan itu sendiri.Contoh dari game
digital virtual adalah SEGA, Nintendo, Play Station, dan lain-lain. Game yang
saat ini berkembang berupa suatu bentuk interaksi permainan antara manusia
dengan komputer. Saat ini game tidak hanya dimainkan dengan berinteraksi dengan
komputer namun dapat berinteraksi dengan orang lain secara online. Game seperti
ini kerap disebit sebagai game online.
Teori
permainan atau game adalah suatu cara belajar yang digunakan dalam menganalisa
interaksi antara sejumlah pemain maupun perorangan yang menunjukkan
strategi-strategi yang rasional. Teori permainan pertama kali ditemukan oleh
sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von
Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi : “Permainan
terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua
sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk
memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan.
Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain,
sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain dan
sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.” ( J. Von Neumann and O. Morgenstern, Theory
of Games and Economic Behavior (3d ed. 1953)).
Pengertian Game Menurut
Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional”
terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat
dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi
haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah
memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan.
Permainan
komputer (bahasa Inggris: computer game) adalah permainan video yang dimainkan
pada komputer pribadi, dan bukan pada konsol permainan, maupun mesin ding-dong.
Permainan komputer telah berevolusi dari sistem grafis sederhana sampai menjadi
kompleks dan mutakhir. Namun, pasar permainan komputer di Amerika Serikat mulai
menurun sejak tahun 1999.
Game komputer
dibuat oleh satu atau beberapa pengembang game, biasanya bersama dengan
spesialis lainnya (seperti game artists) dan dipublikasikan baik secara sendiri
atau melalui penerbit pihak ketiga. Mereka kemudian mendistribusikan pada media
fisik seperti DVD dan CD, atau dapat didistribusikan secara bebas melalui
internet, software, atau melalui jasa pengiriman online seperti Direct2Drive
dan Steam. Game komputer membutuhkan hardware khusus di komputer pengguna untuk
bermain, seperti generasi spesifik unit pemrosesan grafik atau koneksi internet
untuk bermain online, meskipun persyaratan sistem ini bermacam-macam pada
setiap game.
2. Menurut saya
tentang perkembangan game sekarang ini sangat berkembang pesat. Seiring dengan
perkembangan teknologi yang pesat pula game yang dahulunya hanya ada pada PC
sekarang sudah ada diberbagai macam handphone. Selain itu design grafik yang
digunakan sudah semakin canggih mulai dari game 2D, 3D bahkan sekarang sudah
ada game yang menggunakan konsep AI (Artificial Intellegence).
3. Konsep tentang
Teknologi Game :
Sejarah Game Komputer
Sejarah teknologi game komputer secara langsung
berhubungan dengan perkembangan komputer itu sendiri. Komputer dengan kecepatan
processor tinggi, grafis yang lebih mendekati realita, dan media penyimpanan
yang lebih besar sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dalam bermain
games. Game adalah sebuah permainan interactive yang membutuhkan komputer untuk
bermain. Program komputer menerima input dari si pemain melalui pengendali dan
menampilkan lingkungan buatan melalui TV atau layar monitor.
- Generasi Pertama
- Generasi Pertama
Tahun 1952, di Universitas Cambridge, A.S Douglas menulis sebuah tesis untuk gelar sebuah PhD-nya mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Dalam tesisnya itu ia menciptakan game komputer dari sebuah permainan tradisional bernama Tic-Tac-Toe. Game ini diprogram dengan memakai komputer EDVAC vacuum tube yang memiliki layer berupa cathode ray tube (CRT).
Kemudian di tahun 1958. William Haginbotham
menciptakan video game pertamanya. Berbeda dengan Douglas, video game
pertamanya yang berjudul Tennis for Two diciptakan dan dimainkan di
osciloscope.
Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
- Generasi kedua
Tapi game komputer pertama yang benar-benar diciptakan menggunakan komputer betulan adalah Spacewar. Saat itu di tahun 60-an, komputer adalah barang sangat mewah. Dan biasanya komputer dipakai untuk kepentingan riset dalam dunia militer. Tapi seseorang bernama Steve Russel memiliki ketertarikan akan hal lain. Dia dan teman-temannya sangat nge-fan dengan kisah fiksi ilmiah berjudul Skylark karangan Edward E Smith. Dari situ mereka membuat sebuah game bernama Spacewar. Kebetulan juga, Steve Russel bekerja menggunakan sebuah komputer mainframe bernama MIT PDP-1 yang biasa dipakai untuk perhitungan statistik. Dengan komputer itulah dia membuat Spacewar di tahun 1961.
- Generasi kedua
Di tahun 1971, Nolan Bushnell bersama dengan Ted
Dabney menciptakan game ber-genre arcade yang pertama. Dinamai Komputer Space,
game itu didasari oleh Spacewar. Tahun 1972, Nolan dan Ted memulai Atari
komputer. Kemudian dia mengembangkan game berjudul Pong yaitu game pertama yang
tersedia untuk publik. Karena game-game sebelumnya hanya ada di dalam komputer
mainframe untuk kesenangan sendiri saja. Asal usul Pong dimulai saat Nolan
ingin membuat game sederhana dan mudah dimengerti. Dengan memory dan micro
processor kelas rendah, kemampuan proses yang terbatas dan grafis yang
sederhana, akhirnya dia membuat versi elektronik dari permainan ping pong yang
kemudian menjadi Pong.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Sedikit selingan, Pong kemudian berevolusi menjadi sebuah game bernama Breakout. Game itu diciptakan oleh Steve Jobs untuk Atari. Dari situ, Steve Jobs dan temannya Steve Wozniak mulai berpikir untuk menciptakan sebuah PC. Kemudian mereka meminjam semua peralatan yang dipakai dalam proyek Breakout dan membuat sebuah prototype bernama Apple I. dan itu adalah cikal bakal dari komputer Apple Macintosh yang ada sekarang.
Pada tahun 1980, Atari mengeluarkan game berjudul Asteroid dan Lunar Lander. Kedua game tersebut adalah game pertama yang didaftarkan pada kantor hak cipta untuk mendapatkan paten. Asteroid merupakan game yang penuh inovasi baru dalam grafisnya. Daripada menggunakan metode raster, game ini merupakan grafis vector line seperti yang ada pada osciloscope.
Pengenalan Atari Video komputer System (Atari 2600) dengan CPU biasa dan slot untuk kasetnya, menjadi suatu era baru dalam dunia game. Di tahun 1980 itu juga menunjukkan penjualan yang meningkat dari PC yang biasa dipakai untuk game.
Dan kini komputer bersaing dengan mesin konsol seperti PS atau Xbox. Dan komputer tidak hanya sebagai mesin untuk kepentingan bisnis semata, tapi juga untuk hiburan seperti game.
Jenis Game Komputer :
1. Simulasi/Virtual Reality Simulasi adalah jenis permainan game simulasi tanpa tujuan yang pasti dari apa yang ingin dilakukan diserahkan kepada pemain.
2. Education education merupakan jenis permainan yang dapat digunakan pula untuk belajar para siswa yang menggunakannya.
3. Entertainment jenis game ini merupakan jenis game yang dapat dimainkan oleh 1 orang atau lebih .
4. ArcadeGames Arcade games adalah semua permainan
yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya
sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan
ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul,
tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan
menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia,
Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
5. Strategic Games Strategic games biasanya permainan
strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan
strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
6. Adventure Games Adventure games terbagi atas
tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld
Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma
untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik
jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini
adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
7 . FunGames Fun games adalah permainan seperti :
skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack
Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif
mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi grafiknya tetapi biasanya
sulit dalam algoritma.
Game
OnLine :
Tekonologi games online diilhami oleh
penemuan metode networking komputer tahun 70-an oleh militer di Amerika. Dari
konsep inilah dikembangkan berbagai fitur baru termasuk game. Pertama jaringan
yang digunakan masih Lokal Area Network (LAN). Kesininya sudah menggunakan
jaringan yang luas melalui jalur www (world wide web) atau internet yang bisa
diakses via nirkabel. Tidak seperti kirim email atau browsing yang tinggal
langsung klik IE (internet explorer), netscape navigator, atau opera browsing,
untuk bisa memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya.
Tentunya agar lebih asyik, perangkat
keras (hardware) yang digunakan harus memadai juga. Berbeda dengan game biasa.
Di game online kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua
games online dapat dimainkan secara gratis, beberapa di antaranya ada yang
memerlukan registrasi atau pembuatan member yang memerlukan sejumlah biaya.
Biasanya games yang tidak memerlukan sejumlah biayan untuk pemnbuatan member,
kita hanya perlu register dan dapat langsung memainkannya.
Sedangkan untuk games yang tidak gratis,
kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Di
dunia games on line kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap
awal, kita harus memulai pada level satu. Kemudian level akan bertambah seiring
dengan tingkat kemampuan kita untuk memainkan permainan tersebut.
Pada games on line kita pasti memiliki
sebuah id character yang harus kita jaga agar id character kita dapat
“diperhitungkan “ di dunia maya. Banyak sekali jumlah game online yang dapat
dimainkan. Mulai dari game arcade sampai game perang atau petualangan.
Contohnya ada catur online yang
disediain Yahoo! dan juga pool (biliard) online dari Yahoo!. Sementara game
online lainnya ada Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy,
Roadrash, bahkan game startegi seperti Rise of Nations keluaran Microsoft dan
Big Huge yang dapat dimainkan.
Efek
Game :
Tidak mustahil akan terjadi seorang
"player" kehilangan nyawa karena stres hanya karena menginginkan
sebuah user ID dan telah menukarkan rumahnya untuk user ID itu dan ternyata
game online tersebut tidak aktif beroperasi lagi (agak bodoh kelihatannya).
Bagi user ID yang hendak ditukar dengan
sejumlah uang atau barang yang didalamnya telah mencakup job-job dengan kelas
tertinggi, dengan level 99 semua, dengan stats yang tertinggi bukankah itu
malah akan membuat si pemilik user ID tersebutbosan karena selalu menang?
Apa asiknya bermain jika sudah tahu hasilnya akan menang mudah seperti membunuh
semut? Mungkin bagi beberapa "player" hal tersebut yang asik.
Dengan mendapat user ID yang
"perfect" secara instan (dengan bayar mahal tentunya) bukankah tidak
melatih "player" tersebut untuk menaikkan stats dari karakternya
tersebut secara benar karena dengan transaksi tersebut si "player pembeli
user ID" tersebut langsung mendapat karakter berjob tertinggi dan item
terlangka. Dia tidak merasakan asiknya menaikkan level, berubah job, dan
asiknya bersusah payah membunuh monster level 40 dengan job novice.
Game bertema petualangan misalnya,
peneliti berkeyakinan bahwa anak-anak yang mengemari game bertema itu memiliki
efek positif berupa peningkatan kecepatan berpikir si anak. Sedangkan,
anak-anak yang menggemari game bertema teka-teki memiliki efek positif berupa
peningkatan akurasi berpikir mereka.
Riset yang dipimpin oleh Rolf Nelson,
Profesor asal Wheaton College ini Norton, Massachusset, AS, mendapati
kesimpulan itu usai menjalani riset yang melibatkan 20 anak-anak, yang
diberikan tugas bermain game bertemakan petualangan atau game bertema teka-teki
selama satu jam.
Sementara itu, Peneliti asal Beckman
Institute, University Illinois, Candramallika Basak menilai keberadaan video
game disatu sisi butuh pengembangan dan melintasi keinginan untuk mengembangkan
kemampuan berpikir anak guna menunjang pertumbuhannya. Sebabnya, Basak
menyarankan kepada setiap orang tua untuk memilihkan permainan yang tepat bagi
keperluan pengembangan kemampuan.
Bisinis game
1. Perusahaan
Game Gravity, Co Ltd. perusahaan pembuat Game asal Korea.
Progress : Menjadikan game buatan nya
sebagai game yang paling digemari
Pemasaran nya di asia meliputi
china,negara2 asia tenggara,dan hamper seluruh benua asia,amerika latin,amerika
utara,eropa sampai ke afrika
2. Sony
Computer Entertainment. Perusahaan Game asal Jepang
Progress : Memperkenalkan pada dunia
systemkomputer entertainment yang lebih efisien dan dengan fitur fitur yang
menarik
Pemasaran nya di seluruh dunia
3. Electronic
Arts (EA)
Progress : Menjadikan game produksi EA
sebagai game yang paling detail dalam fitur fitur nya dan yang paling menarik
Pasar : Seluruh dunia
4. Bandai
Progress : Membuat game dengan kuliatas
yang tinggi dan agar pemakai game tidak cepat bosan
Pemasaran : Seluruh dunia
5. Capcom
Progress : memperlihatkan kefleksibelan
dan kekuatan dari sebuah Havok Physics." dansoftwarenya merupakan software
tercepat dan merupakan engine yang paling mudah diukur yang pernah
ada
Pemasaran : diseluruh dunia
6. LucasArts
Progress : menjadikan game buatan nya
sebagai game favorit dan mendidik,bukan hanya hiburan semata
Pemasaran : seluruh dunia
4. Contoh Software untuk membuat game :
1. Game Maker
Game Maker merupakan aplikasi yang mudah digunakan karena sistemnya hanya drop and drag. Aplikasi ini bisa berjalan di OS Windows Maupun Mac OS. Keunggulan yang paling utama dari game ini adalah memukinkan kita untuk membuat 2D amaupun 3D. Game Maker dibuat oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi dan saat ini platform tersebut dikembangkan serta dipopulerkan oleh perusahaan software YoYo Games. Selain sajian fitur yang mudah dengan metode drag & drop, game ini juga mampu dikembangkan lebih lanjut ke dalam game professional jika diinginkan. Bahasa pemrograman game maker yang dibuat sendiri oleh YoYo Games yang bernama bahasa GML (Game Maker Language) akan memberikan keleluasaan buat para developer game profesional untuk mengembangkan game ciptaannya tanpa batas.
2. Game Salad
Aplikasi yang satu ini pada awalnya diciptakan untuk membuat game pada IOS, tablet dan lainnya setara UNIX, namun sekarang sudah tersedia untuk windows bagi para pengembang game untuk OS Android. Game Salad merupakan aplikasi yang sama dengan kedua aplikasi diatas yaitu sistemnya drag & drop dan yang jadi pengatrannya disini adalah di bagian property yang sudah merupakan istilah umum. Game salad juga sudah melampirkan template yang bisa anda gunakan, tapi jika anda ingin lebih inovatif lagi, anda bisa membuat atau membelinya. Untuk para penjual accessories game juga bisa menjual produk template mereka di App Store.
Stancyl merupakan salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan dalam membuat game. Platorm pembuat game ini termasuk kategori yang flesibel. Selain bisa bekerja di berbagai system operasi seperti Android, IOS dan lainnya, Stancyl juga memukinkan kita untuk mengeksport file ke SWF sehingga mudah dijalankan di Adobe Flash Player maupun HTML 5. Yang tidak kalah menarik juga, dengan keunggulan tersebut, kita dapat memasarkan aplikasi game dengan mudah.
4. Unity 3D
Aplikasi ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game
yang paling populer. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa
scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang Expert . Keuntungan adalah
gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti manstab tapi sayang, aplikasi ini
membutuhkan script yang tentu saja sulit dan software ini cukup mahal
lisensinya.
5. FPSCreator
Software ini dikhususkan untuk membuat game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan grafik.
6. Seperti aplikasi game creator yang kami bahas
di sini, Jump Craft memungkinkan kita membuat game dengan mengeklik-tarik
komponen game ke area pembuatan game. Ya, semudah itu. Selain itu, ada pula
fasilitas untuk pemrograman sederhana, sebagai ajang tambahan untuk belajar
programming.
Anda bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari situs resminya, sekaligus berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan panduan dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya menerapkan prinsip “What You See Is What You Get”, sehingga komponen dan skenario yang diterapkan di area pembuatan game akan sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilakukan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang mudah diset. Setiap obyek di game ini bisa Anda gerakkan dan interaksikan dengan cara ini.
Tak perlu bingung untuk memulainya, karena ada sampel game untuk mempelajari pengelolaan aplikasi gratis ini. Lagipula, ada forum interaksi sesama pengguna yang dapat diakses secara bebas kapan saja.
7. Blender 3D
Anda bisa mengunduh aplikasi yang kompatibel dengan Windows XP dan Vista ini dari situs resminya, sekaligus berinteraksi dengan pengguna lain untuk mendapatkan panduan dan tips pembuatan. Konsep pembuatannya menerapkan prinsip “What You See Is What You Get”, sehingga komponen dan skenario yang diterapkan di area pembuatan game akan sama dengan output yang dihasilkannya. Pembuatan game tanpa coding (pemrograman) dapat dilakukan dengan konsep sistem “Trigger” dan “Actions” yang mudah diset. Setiap obyek di game ini bisa Anda gerakkan dan interaksikan dengan cara ini.
Tak perlu bingung untuk memulainya, karena ada sampel game untuk mempelajari pengelolaan aplikasi gratis ini. Lagipula, ada forum interaksi sesama pengguna yang dapat diakses secara bebas kapan saja.
7. Blender 3D
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender
tersedia untuk berbagai sistem
operasi, seperti:
·
Mac OS X
·
Linux
·
IRIX
·
Solaris
·
NetBSD
·
FreeBSD
·
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL dan kemudian kode
sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa saja. Di Blender juga tersedia Game
Engine, mesin untuk membuat game menggunakan logic bricks. Dan
ada juga Cycles render.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar