Pada kesempatan kali ini saya akan “membedah” sebuah
website Hotel Sahid sebagai tugas softskill. Saat ini website tersebut belum di
publish ke umum karena masih dalam tahap pengembangan. Berikut ini saya
tampilkan halaman homepage yang sudah jadi dari website tersebut.
Offline
Reservation Becoming Online Reservation
Manfaat besar yang diinginkan dalam pembuatan website ini adalah proses perubahan pelayanan reservasi hotel yang biasanya masih dilakukan secara manual kini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online melalui website tersebut. Awalnya, ketika seseorang ingin melakukan reservasi atau pemesanan kamar di hotel sahid, orang tersebut harus datang atau menelepon operator yang ada disana kemudian baru memesan kamar yang dibutuhkan. Proses ini akan memakan waktu dan biaya. Konsumen akan malas memesan dengan cara seperti ini dan pihak hotel pun harus mengenluarkan biaya untuk pegawai operator yang melayani reservasi yang dilakukan melalui telepon.
Manfaat besar yang diinginkan dalam pembuatan website ini adalah proses perubahan pelayanan reservasi hotel yang biasanya masih dilakukan secara manual kini dapat dilakukan dengan menggunakan sistem online melalui website tersebut. Awalnya, ketika seseorang ingin melakukan reservasi atau pemesanan kamar di hotel sahid, orang tersebut harus datang atau menelepon operator yang ada disana kemudian baru memesan kamar yang dibutuhkan. Proses ini akan memakan waktu dan biaya. Konsumen akan malas memesan dengan cara seperti ini dan pihak hotel pun harus mengenluarkan biaya untuk pegawai operator yang melayani reservasi yang dilakukan melalui telepon.
Dengan menggunakan sistem reservasi
online, proses reservasi yang dilakukan dapat lebih cepat dan dikerjakan oleh
sistem. Orang yang akan melakukan reservasi dapat langsung pergi ke website
tersebut dan kemudian melakukan reservasi kamar yang dibutuhkan. Reservasi yang
sudah dilakukan oleh orang tersebut akan di proses oleh sistem secara langsung
tanpa harus menggunakan tenaga manusia lagi. Berikut ini adalah bentuk kotak
pemesanan kamar hotel yang ada pada website hotel sahid.
Visi
dan Misi Pembuatan Layanan Reservasi Hotel Sahid
Visi dan misi sesungguhnya dalam pembuatan layanan reservasi online ini adalah untuk memudahkan orang yang ingin memesan kamar hotel di hotel sahid secara mudah dan menyenangkan. Kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan oleh pelanggan tersebut diharapkan dapat menarik makin banyak pengunjung yang biasanya tidak mau repot mengurus reservasi yang berbelit. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap hotel sahid.
Visi dan misi sesungguhnya dalam pembuatan layanan reservasi online ini adalah untuk memudahkan orang yang ingin memesan kamar hotel di hotel sahid secara mudah dan menyenangkan. Kemudahan dan kenyamanan yang dirasakan oleh pelanggan tersebut diharapkan dapat menarik makin banyak pengunjung yang biasanya tidak mau repot mengurus reservasi yang berbelit. Selain itu, hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap hotel sahid.
Perencanaan
Dalam Memasarkan Layanan Website Hotel Sahid
Website nantinya akan di pasarkan dengan menggunakan berbagai macam cara tergantung dari pihak Marketing Hotel Sahid. Untuk perusahaan besar seperti ini, cara marketing yang bisa dilakukan dapat berbagai macam. Pihak perusahaan dapat menggunakan cara pemasaran yang gratis maupun yang berbayar. Cara gratis yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menggunakan jejaring social media gratis seperti facebook dan twitter. Informasi yang ada disebarkan dengan menggunakan account di jejaring sosial tersebut.
Website nantinya akan di pasarkan dengan menggunakan berbagai macam cara tergantung dari pihak Marketing Hotel Sahid. Untuk perusahaan besar seperti ini, cara marketing yang bisa dilakukan dapat berbagai macam. Pihak perusahaan dapat menggunakan cara pemasaran yang gratis maupun yang berbayar. Cara gratis yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan menggunakan jejaring social media gratis seperti facebook dan twitter. Informasi yang ada disebarkan dengan menggunakan account di jejaring sosial tersebut.
Untuk level perusahaan besar seperti
ini, cara ini tidak akan terlalu efektif karena akan memakan waktu yang sangat
lama dalam proses penyebaran informasinya. Supaya lebih cepat dan efektif,
pihak perusahaan dapat menggunakan layanan iklan berbayar seperti google
adwords, facebook adv dan sebagainya. Dengan menggunakan jasa iklan berbayar
tersebut iklan yang ada dapat disebarkan dengan cepat ke semua orang.
Media
Komunikasi
Media komunikasi yang dapat digunakan dan berkaitan dengan layanan website ini ada banyak sekali. Untuk hubungan dengan pelanggan kita dapat menggunakan fasilitas jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
Media komunikasi yang dapat digunakan dan berkaitan dengan layanan website ini ada banyak sekali. Untuk hubungan dengan pelanggan kita dapat menggunakan fasilitas jejaring sosial seperti facebook dan twitter.
Kedua media jejaring sosial ini
sangat efektif untuk mendekatkan perusahaan ke pelanggannya secara langsung.
Apabila hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sudah terjalin dengan baik
tentunya hal tersebut akan berimbas pada tingkat loyalitas pelanggan yang makin
tinggi.
Selain media komunikasi jejaring
sosial yang non-formal tersebut, pihak perusahaan sahid juga dapat
berkomunikasi secara formal dengan pelanggannya dengan menggunakan email.
Pelanggan juga bisa subscribe newsletter dari pihak hotel sahid, sehingga
apabila ada update informasi terbaru dari pihak hotel sahid maka pelanggan
tersebut dapat menerimanya langsung di email mereka. Berikut ini adalah
beberapa layanan email provider yang ada.
Demikian tulisan saya mengenai Bedah
website sebuah usaha kecil / besar yang dalam contoh kasusnya saya mengambil
kasus Hotel Sahid. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar